Motif Bungo Teratai dan Maknanya pada Batik Jambi

Isi Artikel Utama

Ruwaiza Sasmita
Abil Evaldo
Fitri Kartika Sari

Abstrak

Batik Jambi dengan motif bungo teratai memiliki latar belakang sejarah dan budaya yang kaya. Batik ini berasal dari provinsi Jambi, Indonesia, yang terletak di pulau Sumatera. Motif "bungo teratai" menggambarkan bunga teratai, yang memiliki makna khusus dalam budaya Jambi. Bunga teratai sering kali dianggap sebagai simbol kesucian, keindahan, dan kemurnian. Dalam budaya Jambi, motif bungo teratai digunakan dalam batik untuk menggambarkan keelokan alam, dan juga sering kali dikaitkan dengan keindahan alam Jambi, seperti sungai, danau, dan hutan yang subur. Selain itu, motif ini juga mencerminkan makna spiritual dan filosofis dalam kehidupan masyarakat Jambi. Selama bertahun-tahun, batik Jambi dengan motif bungo teratai telah menjadi bagian penting dari tradisi pakaian dan budaya Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari motif bungo teratai dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai hasilnya, Batik Jambi motif bunga teratai memiliki makna simbolis yang mendalam bagi masyarakat Jambi. Bunga teratai melambangkan kesucian, keanggunan, dan keteguhan hati. Makna-makna ini sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat Jambi. Batik Jambi dengan motif bungo teratai tidak hanya menjadi simbol keindahan seni, tetapi juga sebuah warisan budaya yang dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat Jambi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sasmita, Ruwaiza, Abil Evaldo, dan Fitri Kartika Sari. “Motif Bungo Teratai Dan Maknanya Pada Batik Jambi”. ADIL 5, no. 2 (November 27, 2023): 19-25. Diakses Juli 18, 2024. https://adil.stihypm.ac.id/index.php/ojs/article/view/115.
Bagian
Articles

Referensi

Batikjambiberkah. 2020. The art of Batik Jambi: Latar Sejarah.

Daulay, Ridha Asnelly, Fitri Ulinda (ed). 2001. Kerajinan Unggulan Makanan Khas Jambi. Jambi: RMBOOKS.

Disperindag Prov Jambi. (2013). Filosofi Motif Batik Jambi. Jambi

Evawarni. 2015. Teknologi Pembuatan Batik Jambi. Balai Pelestarian Kebudayaan Riau

Haikal Rabbani, M. 2016. Perancangan Media Informasi Tentang Motif Dan Makna Batik Jambi.

Lembaga Adat Provinsi Jambi. 2001. Pokok-pokok adat Pucuk Jambi Sembilan Lurah: Seni dan Budaya Adat Jambi (V). Jambi: Lembaga Adat Provinsi Jambi.

Nian S. Djoemana. 1986. Ungkapan Sehelai Batik: Its Mistery and Meaning. Jakarta: Djambatan.