Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kewarganegaraan Menggunakan Metode the Power of Two

Isi Artikel Utama

Ruwaiza Sasmita

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Kewarganegaraan melalui The Power of Two pada mahasiswa kelas II Reguler STIH YPM Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan menerapkan The Power of Two sebagai upaya meningkatkan hasil belajar. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dan dari hasil tindakan yang sudah dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil/prestasi belajar mahasiswa baik dari segi ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 50%  dapat meningkat menjadi 83,33 % yang berarti ada peningkatan sebanyak 33,33 %. pada siklus II, kemudian pada meningkat lagi menjadi 100% siklus III.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sasmita, Ruwaiza. “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewarganegaraan Menggunakan Metode the Power of Two ”. ADIL 3, no. 2 (November 26, 2021): 119-128. Diakses Oktober 30, 2025. https://adil.stihypm.ac.id/index.php/ojs/article/view/33.
Bagian
Articles

Referensi

Arikunto, S.dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asmani, J. M. (2009). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Daryanto. (2013). Strategi Tahapan Mengajar. Bandung: CV.Yrama Widya.

Rosyada, D. (2004). Paradigma Pendidikan Demokrasi: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Perdana Media Group.

Siberman, M. ( 2006). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Ter. Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.

Sukidin. (2012). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Thoifuri. (2008). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: RaSAIL Media Group.

Usman, M. U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.