Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Isi Artikel Utama

Ahde Fitri
Sukur Sukur

Abstrak

Penggunaan perangkat pembelajaran matematika dapat membantu kelancaran proses pertahanan. Namun perangkat yang ada belum mampu melibatkan siswa secara aktif dalam melakukan penemuan-penemuan guna membangun pemahaman konseptual terhadap materi yang dipelajari. Kurangnya keterlibatan siswa dalam mengembangkan siswa; pemahaman konsep sebab mudah melupakan materi. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu perangkat yang dapat membantu pembelajaran siswa, yaitu inkuiri. Perangkat pembelajaran diharapkan dapat menggiring siswa untuk terlibat aktif dalam melakukan penemuan-penemuan terhadap konsep materi yang akan dipelajari sehingga konsep tersebut bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan inkuiri yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan.
Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define, design, develop dan disebarluaskan. Inkuiri divalidasi oleh ahli matematika dan bahasa. Kepraktisan diukur melalui observasi pelaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa dan guru. Keefektifan diukur melalui aktivitas observasi dan hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif dengan hasil validasi valid dari segi isi dan konstruk. Pada tahap kepraktisan ini, hasil inkuiri adalah praktis untuk digunakan. Penggunaan inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 76%. Artinya perangkat tersebut efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inkuiri yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran matematika siswa SMP VIIII.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fitri, Ahde, dan Sukur Sukur. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry Untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama”. ADIL 3, no. 2 (November 26, 2021): 137-146. Diakses Oktober 30, 2025. https://adil.stihypm.ac.id/index.php/ojs/article/view/35.
Bagian
Articles

Referensi

Depdiknas. 2008. Perangkat Pembelajaran KTSP SMA. Jakarta: Dediknas.

Gulo,W. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hasan, Fuad. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Sanjaya,Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Suherman,Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika kontemporer. Bandung: FMIPA UPI .

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sutawidjaja, Akbar. 2011. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Taufik, Taufina. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

______. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.