Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Bilah Samping Artikel
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penggunaan perangkat pembelajaran matematika dapat membantu kelancaran proses pertahanan. Namun perangkat yang ada belum mampu melibatkan siswa secara aktif dalam melakukan penemuan-penemuan guna membangun pemahaman konseptual terhadap materi yang dipelajari. Kurangnya keterlibatan siswa dalam mengembangkan siswa; pemahaman konsep sebab mudah melupakan materi. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu perangkat yang dapat membantu pembelajaran siswa, yaitu inkuiri. Perangkat pembelajaran diharapkan dapat menggiring siswa untuk terlibat aktif dalam melakukan penemuan-penemuan terhadap konsep materi yang akan dipelajari sehingga konsep tersebut bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan inkuiri yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan.
Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define, design, develop dan disebarluaskan. Inkuiri divalidasi oleh ahli matematika dan bahasa. Kepraktisan diukur melalui observasi pelaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa dan guru. Keefektifan diukur melalui aktivitas observasi dan hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif dengan hasil validasi valid dari segi isi dan konstruk. Pada tahap kepraktisan ini, hasil inkuiri adalah praktis untuk digunakan. Penggunaan inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 76%. Artinya perangkat tersebut efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inkuiri yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran matematika siswa SMP VIIII.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Sukur Sukur, Kinerja Kelompok Pengelola Hutan Adat Desa Guguk Dalam Pengelolaan Hutan Adat Bukit Tapanggang Kecamatan Renah Pembarap Kabupaten Merangin , ADIL: Vol 4 No 2 (2022): Adil : Jurnal Hukum STIH YPM
- Sukur Sukur, Zamdani Zamdani, Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN di SMP Negeri 28 Merangin , ADIL: Vol 3 No 2 (2021): Adil : Jurnal Hukum STIH YPM
- Sukur Sukur, Hasmawati Hasmawati, Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VI, SD No 8/ Lubuk Gaung I Tahun Ajaran 2023/2024 , ADIL: Vol 5 No 2 (2023): ADIL