Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN di SMP Negeri 28 Merangin

Isi Artikel Utama

Sukur Sukur
Zamdani Zamdani

Abstrak

Penelitian ini difokuskan pada upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, di mana guru belum menjalankan tugas dengan maksimal. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di SMP Negeri 28 Merangin. Adapun masalah dalam penelitian  ini, yaitu: kurangnya upaya guru PKn dalam meningkatkan hasil belajar, metode pembelajaran yang di gunakan belum maksimal, siswa belajar bersifat pasif karena media pembelajaran kurang menarik, sehingga mengakibatkan nilai siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 28 Merangin. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan sumber data primer (wawancara) dan sumber data sekunder (dokumen-dokumen).Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum maksimal dalam menjalakan tugas dan fungsinya dalam mencegah nilai siswa menjadi rendah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sukur, Sukur, dan Zamdani Zamdani. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Di SMP Negeri 28 Merangin”. ADIL 3, no. 2 (November 26, 2021): 109-118. Diakses Oktober 30, 2025. https://adil.stihypm.ac.id/index.php/ojs/article/view/31.
Bagian
Articles

Referensi

Ahmad Rohani , 2007 ,,, PT Rineka Cipta , Pengelolaan Pengajaran.

Arikanto Surhasini ,1998 .,, PT Rineka Cipta – Jakarta, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Aunuhrrahman. 2016. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Daryono, 1998 .,, PT Rineka Cipta , Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganwgaraan. Dewey, John. 1916. Democracy and Education. New York : Macmillan: Originally Publisher. Etin Solahitin , 2008

.,,Bumi Aksara - Jakarta , Srategi Pembelajaran PPKn

Hamalik Oemar , 2001 .,,PT Askara – Jakarta , Proses Belajar Mengaja.

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moleong Lexi J ( 2007 ) .,, Remaja Rosdakarya- Bandung , Metode penelitian Kualitatif.

Muhibin Syah , 2008 .,, PT Rosda Karya offset – Bandung , Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan

Baru.

Nana Syaodi Sukmadinata , 2012 .,, Rafika Aditama , Kurikilum dan Pembelajaran Kopetensi. Ngalin Prwanto , 2004 .,, PT Rosda Karya – Bandung Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Siameto , 2003 .,, Rineka Cipta – Jakarta Belajar dan Faktor-faktor Yang mempengaruhinya. Sudarwan Danil , 2011 .,, Alfabeta – Bandung , Perkembangan Peserta Didik.

Sudirman A.S , 2000 .,, Media Pendidikan Jakarta ,

Sudjana , Nana , 1989 .,, Mandar Madju – Bandung Proses Belajar Mengajar.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Syaiful DJ , dan Asmawati , 2002 .,, Rineka Cipta – Jakarta , Srategi Belajar Mengajar.

Zainal Aqib , 2009 .,, Yrama widia – Bandung Menjadi Gruru Profesional Berstandar Nasional.