Pengaruh Metode Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Merangin Tahun 2021

Isi Artikel Utama

Hasmawati Hasmawati
Zamdani Zamdani

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 28 Merangin Tahun 2021yang di ajarkan dengan metode pembelajaran problem based learning lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen dan menggunakan rancangan penelitian “Posttest-Only Control Desig” Rancangan ini terdapat dua kelompok, kelompok pertama diberikan perlakuan (X) dan kelompok yang lain tidak. Kelompok yang diberikan perlakuan disebut kelompok eksperimen, dalam penelitian ini diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran problem based learning, kelompok yang tidak diberikan perlakuan disebut kelompok kontrol, diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes untuk dilihat kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Pengambilan sampel pada kelas VII SMP N 28 Merangin tahun 2021. Dengan jumlah siswa kelas eksperimen 18 siswa dan kelas kontrol 18 siswa. Pengambilan sampel tersebut dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes uraian pada saat akhir pertemuan.
Dari`hasilanalisis data tes akhir perolehan nilai rata-rata siswa kelas ekperimen yang menggunakan metode Problem Based Learning adalah 16,06 dengan standar deviasi 3,190, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional adalah 13,11 dengan strandar deviasi 2,784. Kemudian data dianalisis dengan uji t, dengan taraf signifikansi 0,05

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hasmawati, Hasmawati, dan Zamdani Zamdani. “Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Merangin Tahun 2021”. ADIL 3, no. 2 (November 26, 2021): 129-136. Diakses Oktober 30, 2025. https://adil.stihypm.ac.id/index.php/ojs/article/view/34.
Bagian
Articles

Referensi

Amir, Taufiq, 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidikan Memperdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana

Fauzan, Ahmad. 2012. Kemampuan Matematika. Padang: Universitas Negeri Padang.

Amir, Taufiq, 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidikan Memperdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Prasetyo, Bambang & Jannah, Lina Miftahul. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: ALFABETA.

Rusman. 2011. Model - model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta : PT. RAJA GRAFINDO PERSADA