Pengaruh Metode Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Merangin Tahun 2021
Bilah Samping Artikel
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 28 Merangin Tahun 2021yang di ajarkan dengan metode pembelajaran problem based learning lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen dan menggunakan rancangan penelitian “Posttest-Only Control Desig” Rancangan ini terdapat dua kelompok, kelompok pertama diberikan perlakuan (X) dan kelompok yang lain tidak. Kelompok yang diberikan perlakuan disebut kelompok eksperimen, dalam penelitian ini diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran problem based learning, kelompok yang tidak diberikan perlakuan disebut kelompok kontrol, diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes untuk dilihat kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Pengambilan sampel pada kelas VII SMP N 28 Merangin tahun 2021. Dengan jumlah siswa kelas eksperimen 18 siswa dan kelas kontrol 18 siswa. Pengambilan sampel tersebut dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes uraian pada saat akhir pertemuan.
Dari`hasilanalisis data tes akhir perolehan nilai rata-rata siswa kelas ekperimen yang menggunakan metode Problem Based Learning adalah 16,06 dengan standar deviasi 3,190, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional adalah 13,11 dengan strandar deviasi 2,784. Kemudian data dianalisis dengan uji t, dengan taraf signifikansi 0,05
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Sukur Sukur, Zamdani Zamdani, Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN di SMP Negeri 28 Merangin , ADIL: Vol 3 No 2 (2021): Adil : Jurnal Hukum STIH YPM
- Sukur Sukur, Hasmawati Hasmawati, Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VI, SD No 8/ Lubuk Gaung I Tahun Ajaran 2023/2024 , ADIL: Vol 5 No 2 (2023): ADIL