Pengaruh Persepsi Guru tentang Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru
Bilah Samping Artikel
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauhmana (1) Pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah terhadap supervisi kepala sekolah, (2) Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru dan (3) Pengaruh kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA di Batusangkar yang berjumlah 165 orang. Teknik penarikan sampel adalah Stratified Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif, Uji asumsi klasik: Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, Uji Model, Analisis Jalur, dan Uji hipotesis dengan menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari kepemimpinan terhadap motivasi kerja guru SMA Di Batusangkar. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari supervisi terhadap motivasi kerja guru SMA Batusangkar. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari kepemimpinan dan supervisi terhadap motivasi kerja guru SMA Di Batusangkar. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar untuk memperbaiki kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan agar dapat meningkatkan motivasi kerja guru sehingga pendidikan dapat ditingkatkan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.