Peran Citra Destinasi terhadap Peningkatan Kepuasan Wisatawan di Objek Wisata Geopark Merangin

Isi Artikel Utama

Mukhlis Yunus

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan pada wisata Geopark Merangin. Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung pada wisata Geopark Merangin yang berjumlah 100 orang sampel. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data primer yang diambil adalah data kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial maupun individual. Hasil penelitian menemukan bahwa citra destinasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pada wisata Geopark Merangin.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yunus, Mukhlis. “Peran Citra Destinasi Terhadap Peningkatan Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Geopark Merangin”. ADIL 3, no. 1 (Mei 26, 2021): 31-42. Diakses Oktober 30, 2025. https://adil.stihypm.ac.id/index.php/ojs/article/view/38.
Bagian
Articles

Referensi

Afifudin. (2016) . Pengaruh Lokasi, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Wisata Bahari Lamongan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(12), 1–17.

Alditia Detmuliati,.Syofia Achnes, .Ari Kresnaputra Agus. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Objek Wisata Riau Fantasi Labersa Water & Themepark. Jom FISIP, 2(1), 1–15.

Alfitriani. (2015). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kualitas, Nilai Persepsi, Kepuasan dan Minat Berprilaku: Kasus Kunjungan Wisatawan di Kota Palembang. Jurnal Menara Ekonomi, 1(2), 1–8.

Alma, Buchari. (2010). Kewirausahaan. Bandung: CV Alfabeta

Coban, S. (2012). The effects of the image of destination on tourist satisfaction and loyalty the of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29(2).

Faradina, Anissa., & Budhi, Satrio. (2016). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(7), 1–18.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi ke 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanif, A., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2016). Pengarh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(1), 44–52.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2007). Dasar – Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin, Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (2010). Manejemen Pemasaran Perpektif Asia. Yogyakarta: Andi Offset.

Lupiyoadi, Rambat. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Parasuraman, A., Zeithaml, V., and L, L, Berry. (1988). Servqual: a multiple-item scale for measuring customer perceptions of service quality. Journal of Marketing. Vol.64.Spring.pp. 12-40.

Pitana, I, Gde., dan IK. S. Diarta. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Redita, Rizky., Sunarti, & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Destination Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Museum Angkut. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(6), 138–143.

Rendy Gulla,. Sem George Oroh, . Ferdy Roring. (2015). Analisis Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace INN. Jurnal EMBA, 3(1), 1313–1322.

Rosita,. Sri Marhanah, . Woro Hanoum Wahadi. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1), 61–72.

Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Selly, Massie. (2016). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Objek Wisata Sumaru Endo Remboken. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 86-97.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi, Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. CV Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. CV Andi Offset, Yogyakarta.