Analisis Semantik dalam Slogan Covid-19 di Media Sosial
Bilah Samping Artikel
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap makna. Di era globalisasi saat ini, teknologi sangat berkembang pesat, sehingga kita mudah untuk mendapatkan informasi. Maka dari itu kita semua dituntuk untuk mampu memaknai sesuatu baik itu dalam benuk ucapan lisan maupun dalam bentuk tulisan seperti slogan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan makna leksiikal dalam slogan Covid-19 di media sosial yang berfokus pada google dan instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode content analisys. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat 171 kata yang ditemukan dari 24 slogan Covid-19 yang ditemukan di media sosial, diantaranya 15 slogan ditemukan di google dan sebanyak 9 slogan ditemukan di instagram. Makna leksikal yang terkandung dalam 24 slogan tersebut adalah mengajak untuk memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumuan, dan mengikuti protokol atau aturan kesehatan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.