Nilai -Nilai Moral Dan Pendidikan Dalam Film Ajari Aku Islam Karya Deni Pusung

Isi Artikel Utama

Susilawati Susilawati

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral dan pendidikan pada tokoh utama dalam film Ajari Aku Islam karya Deni Pusung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah dengan cara penelitian sendiri. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sebuah film yang berjudul Ajari Aku Islam, karya Deni Pusung dengan penulis naskah Haris Suhud dan Yunita R Saragi. Film yang diangakat dari kisah nyata ini berdurasi satu jam dua puluh lima menit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi. Dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa video film tersebut, buku, catatan, notulen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan /verifikasi langkah-langkah dalam menganalisis data (1) Menonton secara komperenshif, (2) Mentranskripsikan film Ajari Aku Islam, (3) Mencatat pemaparan bahasa, (4) Mengidentifikasi pada dialog dan menit keberapa terdapat nilai moral dan pendidikan dalam film tersebut. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Temuan Umum, terdapat akulturasi budaya antara budaya bangsa Indonesia dan bangsa Cina. (2) Temuan Khusus, nilai-nilai moral dan pendidikan dalam fim Ajari Aku Islam; (a) Nilai Moral; a) Nilai Ketuhanan, b) Nilai Estetika dan Ketuhanan, (b) Nilai Pendidikan; a) Nilai Pendidikan Religious, b) Nilai Pendidikan Edukasi dan Budaya

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Susilawati, Susilawati. “Nilai -Nilai Moral Dan Pendidikan Dalam Film Ajari Aku Islam Karya Deni Pusung”. ADIL 4, no. 1 (Mei 26, 2022): 49-60. Diakses September 29, 2025. https://adil.stihypm.ac.id/index.php/ojs/article/view/86.
Bagian
Articles

Referensi

Amazaki. 2009. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: UNP Press.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Adi, Ida Rochani.2011. Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian.Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Bertens, Kees. 2002. Etika. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Emzir dan Saifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran sastra. Jakarta: PT

RajaGrafindo Persada

Faruk. 2014. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

KBBI. 2007. Kamus Besar Bahasa Idonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Mudyahardjo, Redja. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo

Persada

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Prodotokusumo, P.S. 2005. Pengkajian Sastra. Jakarta: Gramedia

Siswanto, W. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Gramedia.

Nugriyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Safari. 1985. Teori Moral. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bertens, Kees. 2002. Etika. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama