Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasaan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Agung Toyota Muara Bungo

Isi Artikel Utama

Ira Widyastuti
Deni Handani
Syah Amin Albadry
Haesdhona Haesdhona
Imron Imron

Abstrak

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di PT Agung Toyota Motor Muara Bungo, peneliti menemukan beberapa masalah yang dapat menghambat kinerja karyawan, adapun permasalahan yang terjadi yaitu, masih kurangnya motivasi kerja, kepuasan kerja karyawan juga tidak kalah pentingnya di dalam meningkatkan kinerja karyawan untuk mencapai target dan  pengembangan akan lebih mempermudah penilaian kerja yang objektif.  metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian asosiatif dengan suatu pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil sebagai sampel adalah 50 karyawan dari PT. Agung Toyota Muara Bungo maka sampel penelitian menggunakan teknik total sampling atau sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Agung Toyota Cabang Muara Bungo. Uji parsial menunjukkan bahwa variabel motivasi (X1) memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai thitung sebesar 4,263, melebihi nilai ttabel (2,012), dan nilai sig (0,000) lebih rendah dari (0,005). Hasil ini menolak H0 dan menerima H1, menunjukkan bahwa motivasi secara parsial berdampak positif terhadap kinerja karyawan. Dengan kata lain, semakin tinggi motivasi, kinerja karyawan di PT. Agung Toyota Cabang Muara Bungo akan semakin meningkat. uji parsial juga mengungkapkan bahwa kepuasan kerja (X2) memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Nilai thitung (12,421) melebihi ttabel (2,012) dan nilai sig (0,000) lebih rendah dari (0,005). Temuan ini menolak H0 dan menerima H2, menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Widyastuti, Ira, Deni Handani, Syah Amin Albadry, Haesdhona Haesdhona, dan Imron Imron. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasaan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Agung Toyota Muara Bungo”. ADIL 5, no. 2 (November 26, 2023): 78-101. Diakses Juli 18, 2024. https://adil.stihypm.ac.id/index.php/ojs/article/view/122.
Bagian
Articles

Referensi

Alfi Pahlawan. (2020), Pengaruh Motivasi Kerja, Iklim Organisasi dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Marketing Pada PT Agung Toyota Bengkulu.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Rendy Alpahrasy Nasution. (2019), Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Toyota Agung Automall Bengkulu.

Sedarmayanti. (2015). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja (Revisi (ed.)). CV Mandar Maju.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutrisno, W. dan D. dalam. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenada Media Group.